Friday, December 28, 2007

Dari mana Google Dapat Duit?

Mungkin sampai saat ini masih banyak di antara kita yang masih bertanya-tanya. Google tuh nggak rugi apa ngasih ke user gmail, search, dan sebagainya (masih banyak sekali aplikasi yang ditawarkan Google inc. secara cuma-cuma). Bahkan tak hanya itu, kalau kita mendaftar di google adsense kita justru di kasih duit. Dari mana Sergey Brin dan Larry Page bisa dapat uang?
Sergey Brin dan Larry Page adalah duet pendiri Google yang berawal dari satu kampus, Stanford University, kampusnya para enterpreneur informatika sukses. Berawal dari penelitian yang difasilitasi kampusnya, kemudian ia tawarkan ke berbagai perusahaan software mapan pemodal venture, gagal berkali-kali. Sekian kali meraka menawarkan ke perusahaan, sekian kali itu pulalah mereka ditolak. Dan sekarang! Sekarang mereka sudah mampu duduk di jajaran orang terkaya di dunia di usia yang masi h sedemikian muda. Kok bisa? dari mana mereka mendapatkan uang? Bukannya hampir semua aplikasi yang mereka bangun mereka gratiskan kepada user?
Dengan slogan perusahaannya, "DON'T BE EVIL" ternyata mereka mendapatkan sebagian besar penghasilannya dari sponsor yang memasangkan iklannya pada halaman-halaman google. Nah, ingin tahu apa namanya? itulah Google Adword. Sebuah gagasan cerdas yang mencerminkan bahwa slogan perusahaannya, don't be evil. Kalau Anda searching dengan google, di sepertiga halaman bagian kanan hasil search ada list link yang menghubungkan user ke halaman tertentu. Nah, itulah yang membiayai google! Nah, cara periklanan di google ini memang unik! pemasang iklan hanya akan membayar biaya pengiklanan sesuai berapa kali link itu di klik!
Hmm,,Google memang cerdas!

No comments: