Monday, December 24, 2007

Google kurang dikenal di China

Tak ku sangka, Google.com yang kini sudah sangat populer di dunia, di China yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia justru kurang mengenal the top searching engine ini. Kok bisa ?? Nah,, selidik punya selidik,, ternyata disinyalir salah satu penyebab terbesar adalah disebabkan karena cara mengeja kata Google di negeri Tirai Bambu itu.

"G-o-o-g-l-e bukanlah ejaan yang normal di Cina dan orang-orang tak mengucapkannya dengan benar. Kebanyakan orang mengejanya 'go go'," ungkap presiden Google Cina, Kai-fu Lee seperti dikutip detikINET.

.Alamat internet di Cina memang dibuat berdasar sistem bernama 'Hanyu Pinyin' yang menerjemahkan karakter huruf Cina ke dalam huruf latin. Bunyian 'gle' (pada Google, pen), suku kata terakhir Google ternyata tak eksis di Cina.

Hmm,, gara-gara itu tuh, di China Google bener-bener kalah telak oleh Baidu.com, mesin pencari setempat ( Hmm,, bagus donk!!! Coba di Indonesia punya produk dalam negeri...:) ). Gak tanggung-tanggung, Baidu menguasai 61 persen pangsa pasar di Cina dan Google hanya sekitar 30 persen saja. Truss,, nasib searching engine yang lain kayak Yahoo.com?? . Pangsa pasar Yahoo di Cina kini hanya mencapai sekitar 10 persen saja.

No comments: