Wednesday, January 16, 2008

Prediksi perkembangan teknologi 2008

Di era teknologi, dinamisasi perkembangan dunia teknologi khususnya bidang informasi tak dapat di elakkan. Tahun 2007 menjadi milik Apple Corp. yang berhasil menarik banyak perhatian dengan meluncurnya ponsel layar sentuh fenomenalnya, iPhone.

Lantas memasuki tahun 2008, kira-kira apakah yang akan menuai sukses besar dan menjadi ikon teknologi 2008? detikINET menulis dengan dengan judul Ramalan Dunia Teknologi 2008 yang mengutip SMH, ada 9 hal yang diprediksikan akan hot pada tahun ini.

1. Gadget akan ramah lingkungan
Semakin rumitnya permasalahan dunia akibat efek samping perkembangan teknologi tanpa diiringi rasa tanggung jawab terhadap lingkungan telah membuat keresahan yang membumbung. Oleh karenanya konsumen kini semakin peduli terhadap lingkungannya. Maka dipresiksikan Gadget ramah lingkungan akan mulai bermunculan di pasar tahun 2008 ini.

2. Turunnya popularitas televisi konvensional
Penetrasi internet yang semakin meluas di perumahan serta meledaknya program televisi internet, acara-acara di televisi konvensional semakin tak dilirik. Demikian juga semakin merosotnya popularitas koran harian yang tak dapat si update sewaktu-waktu.

Pertumbuhan online video dan situs video streaming seperti YouTube yang semakin 'matang' juga akan sangat mempengaruhi hal tersebut.

3. Masanya Blu-Ray dan Televisi LCD
semakin naik daunnya teknologi Blu-Ray yang menawarkan jernihnya gambar yang dihasilkan di layar televisi mulai menjadi trend. Teknologi tersebut juga akan dibarengi dengan meningkatnya popularitas televisi LCD serta plasma yang mendukung gambar dengan High Definition agar menikmati film layar lebar dengan HD DVD dapat lebih memuaskan.

4. Dunia game masuki tahap baru


5. Pengguna internet tuntut kecepatan lebih
Tak terelakkan lagi, dunia informatika internet telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan situspun semakin menjadi-jadi. Berbagai aspek kehidupan dunia nyata mulai bertransformasi ke dunia maya yang di anggap lebih efisien.

6. Google Android jadi sorotan
Software untuk ponsel besutan Google yang dengan nama Android akan banyak menyita perhatian banyak pihak.

Pada tahun 2008 ini, aplikasi yang dihasilkan para pengembang software untuk Android diprediksi akan bermunculan.
Untuk mengembangkan aplikasi Android, Google telah menyediakan budget sebesar US$ 10 juta. Sementara para manufaktur ponsel akan mulai melobby Google untuk dapat menjalankan Android pada perangkatnya.

7. Pemblokiran situs jejaring sosial di perkantoran meningkat
Situs jejaring sosial tempat berinteraksi antar pengguna internet rata-rata di blok oleh perusahaan lantaran menghabiskan banyak bandwith. Sebesar 50% perusahaan diketahui telah melakukan hal ini, dan di 2008 angka tersebut kemungkinan akan semakin naik.
Hal ini berkaitan dengan isu keamanan dari situs jejaring yang ditakutkan dapat mengancam perusahaan.

8. Software online semakin nge-trend
Software perkantoran online seperti Google Docs serta
Photoshop Express juga mulai dilirik pengguna lantaran gratis dan dapat disimpan lebih aman dalam web. Diperkirakan, software serupa yang dapat diakses secara online dan gratis juga makin berkembang.

9. GPS akan semakin populer
Seiring makin populernya perangkat Global Positioning System (GPS), di tahun 2008 ini perangkat GPS akan dibuat sedemikian rupa agar akselerasi penentuan titik lokasi akan lebih cepat.

Akankah semua prediksi di atas menjadi kenyataan di tahun 2008 ini? Ikuti perkembangannya selama satu tahun ke depan!

No comments: