Saturday, June 28, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (11)

Kesimpulan

Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web. Web merupakan salah satu media perusahaan untuk mempromosikan perusahaannya. Pengembangan web perusahaan bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan pengguna/pelanggan terhadap perusahaan.
Pada pengembangan web PT. Gudang Garam Tbk. masih terdapat banyak kekurangan menyangkut masalah usability, user experience dan beberapa aspek human and computer interaction. Kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada web ini, antara lain : penggunaan animasi flash, pengimplementasian link, konten yang tidak pernah diupdate, tampilan web yang kurang konsisten, fungsi search yang tidak jalan, kesalahan dalam penggunaan font dan pewarnaan, pengelompokan menu yang kurang tepat, penggunaan white space yang terlalu banyak serta ambiguitas radio button. Kekurangan-kekurangan ini membuat web terlihat kurang profesional. Kondisi ini dapat membuat kepercayaan pengguna/pelanggan terhadap perusahaan berkurang.
Selain kekurangan-kekurangan yang telah dijelaskan, ada juga nilai positif yang ditemukan di web ini. Faktor-faktor positif tersebut antara lain : penggunaan tata bahasa, factor user experience yang membuat pengunjung penasaran, dan pemilihan warna secara umum yang sesuai dengan warna identitas perusahaan.

Saran

Makalah ini diharapkan menjadi bahan masukan bagi pengembang untuk mengembangkan web PT. Gudang Garam Tbk. dengan lebih memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan interaksi dengan manusia khususnya mengenai faktor usability. Kekurangan-kekurangan yang masih ditemui, sebaiknya segera diperbaiki agar web dapat terlihat profesional. Dengan demikian, kepercayaan pengguna/pelanggan terhadap perusahaan akan meningkat. Terlebih dengan brand image bahwa perusahaan ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Beberapa hal yang cukup perlu mendapat perhatian adalah masalah penggunaan flash, content yang kurang mampu menarik perhatian bagi pengunjung untuk kembali membuka website tersebut. Disamping itu, peng-update-an perlu dilakukan secara berkala.


No comments: