Saturday, June 28, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (10)

Penempatan menu utama
Urutan fokus mata pengguna dalam mengamati sesuatu dimulai dari bagian atas, kiri, kanan, dan terakhir adalah bagian bawah. Merujuk pada fakta ini, maka penempatan informasi paling penting yaitu menu, sebaiknya diletakkan pada bagian atas karena menu merupakan ide pokok yang mengetengahkan informasi utama yang dimiliki oleh sebuah web. Peletakan menu utama pada web PT. Gudang Garam Tbk. dapat dikatakan cukup baik. Adapun sedikit hal yang perlu dikoreksi adalah penempatan menu home seperti yang telah dibahas sebelumnya. Dengan demikian, ketika pengguna menggunakan web maka pengguna bisa langsung mengetahui konten apa saja yang ditawarkan oleh web tersebut.

Text image

Text image biasanya digunakan oleh pengembang web untuk membuat tombol. Text image biasanya juga digunakan untuk membuat font-font yang tidak standar di web browser sehingga hal-hal yang berkenaan dengan browser compatibility dapat diatasi. Walaupun penggunaan text image dapat mengatasi masalah browser compatibility, penggunaan text image menimbulkan beberapa masalah, antara lain :

Ø File gambar dapat menyebabkan pembengkakan ukuran file. Sebagian besar pengguna web di dunia masih menggunakan koneksi dial-up dan tidak sabar jika loading dari web yang dibuka sangat lambat. Hal ini menyebabkan pengguna akan meninggalkan web sebelum loadingnya selesai.

Ø Teks berbasis gambar tidak dapat diakses dengan menggunakan fitur searching.

Ø Teks berbasis gambar tidak dapat dipilih sehingga pengguna tidak mungkin melakukan copy and paste.

Ø Teks berbasis gambar tidak dapat diubah ukurannya, padahal sebagian pengguna melakukan perubahan ukuran pada browsernya agar lebih mudah membaca informasi yang ada di web.

Ø Screen reader tidak dapat membaca teks yang berbasis teks.

Ø Informasi yang ditampilkan dengan menggunakan teks berbasis gambar tidak akan muncul jika pengguna mematikan pilihan load image pada browsernya. Sebagian pengguna mematikan pilihan load image karena alasan koneksi. Jika image tidak diload maka halaman web akan ditampilkan lebih cepat dan bandwidth yang digunakan akan jauh lebih hemat; terutama untuk pengguna yang mengakses web dengan koneksi yang mengharuskannya membayar per- kb terhadap bandwidth yang digunakannya.

Penggunaan Text image pada web PT. Gudang Garam Tbk ini dapat dikatakan kurang efisien. Di sini pengembang memasukkan text image statis dalam ukuran yang cukup besar. Sedangkan di halaman yang lain, developer memasang animasi flash dalam ukuran yang cukup besar pula. Hal ini dapat berpengaruh terhadap efisiensi bagi pengguna.


No comments: