Friday, June 27, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (2)

Analisis terhadap web PT. Gudang Garam Tbk yang beralamat di www.gudanggaramtbk.com dilakukan dengan menganalisis penerapan kaidah web usability berlandaskan pada buku Prioritizing Web Usability karangan Jakob Nielsen. Di dalam buku ini, ada dua belas poin penting yang harus dicermati dalam mendesain dan membangun sebuah website, yaitu :
1. Nothing to Hide
2. The Web User Experience
3. Revisiting Early Web Usability Findings
4. Prioritizing Your Usability Problems
5. Search
6. Navigation and Information Architecture
7. Readability & Legibility
8. Writing for the Web
9. Providing Good Product Information
10. Presenting Page Elements
11. Balancing Technology with People's Needs
12. Design That Works
Pada pembahasan ini tidak dikelompokkan berdasarkan dua belas poin di atas. Pembahasan akan dikelompokkan berdasarkan sub-poin dari tiap-tiap poin sesuai dengan kondisi yang ditemukan pada web PT. Gudang Garam Tbk. Selain merujuk kepada buku Prioritizing Web Usability, analisis juga merujuk kepada buku Submit Now karangan Andrew Chak.
Full Flash
Disaat kita mengetikkakan alamat situs resmi PT. Gudang Garam Tbk. di www.gudanggaramtbk.com maka sajian yang langsung diberikan kepada user adalah berupa full animasi flash. Bahkan animasi flash itu tidak segera mengantar pengunjung ke halaman utama web. Di sana pengunjung diberikan sajian berupa animasi flash yang menjelaskan tentang history perjalanan perusahaan sejak saat perintisan hingga kini menjadi perusahaan yang cukup mapan. Dalam animasi flash tersebut diiringi dengan alunan musik sehingga cukup memberatkan saat proses loading.
Memang disana user diberikan fasilitas skip untuk melakukan lompatan/jalan pintas tanpa harus mengikuti alur animasi flash yang tidak begitu penting dan menhabiskan namyak waktu. Namun Halaman web ini nyaris full flash. Hal ini sangat memberatkan bagi komputer yang memiliki spesifikasi komputer yang masih rendah dan belum terinstall plugin pendukung animasi flash.
Bahkan tidak hanya permasalahan itu yang perlu diperhatikan. Animasi flash yang begitu panjang dan hanya berisi kisah perjalanan perusahaan dari tahun pertama berdiri hingga kini perusahaan menjadi besar cukup perlu untuk dipertimbangkan ulang. Tidak semua orang interest dengan content ini. Terlebih, dengan diletakkan sebagai intro, semua pengunjung ‘dipaksa’ harus melaluinya. Tidak peduli apakah dia sudah pernah mengunjungi website itu atau belum. Mungkin bagi pengunjung yang baru pertama kali, penyajian seperti ini tidak terlalu bermasalah. Bahkan dapat meningkatkan nilai user experience. Namun, tentu saja tidak demikian halnya bagi mereka yang sudah pernah mengunjungi situs ini sebelumnya. Halaman ini akan terasa sangat mengganggu dan menghabiskan waktu saja dengan tampilan yang tetap seperti saat pertama kali berkunjung.

No comments: