Friday, June 27, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (4)

Pada web ini ada beberapa kekurangan dalam penggunaan link, yaitu :
a. Ada beberapa link yang telah dikunjungi tidak berubah warnanya.
b. Link-link tidak berubah warna seperti diperlihatkan pada gambar 3 di bawah ini :





c. Ada beberapa link yang berwarna sama dengan tulisan content pada umumnya yang ada disekelilingnya, sehingga sekilas tidak tampak bahwa itu merupakan link. Terlebih warna tulisan content disekitarnya berwarna biru (sama dengan warna biru konvensi link).
Perbaikan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kekurangan di atas adalah :
a. Link-link yang telah dikunjungi oleh pengguna diatur sebaiknya berubah warna untuk memudahkan pengguna mengingat link-link mana saja yang telah dikunjunginya.
b. Setiap link sebaiknya dibuat berwarna biru dan digarisbawahi karena telah menjadi konvensi umum bagi pengguna bahwa teks yang berwarna biru dan digarisbawahi merupakan sebuak link yang dapat diklik.
c. Warna konvensi link adalah warna biru. Namun bila warna itu sudah digunakan oleh tulisan umum atau digunakan sebagai warna background maka sebaiknya dibedakan warnanya sehingga jelas bahwa itu merupakan link.
Konten tidak pernah diupdate
Tampak jelas bahwa web ini sangat jarang diupdate. Hal ini terlihat dengan isi web yang rata-rata menjelaskan tentang keadaaan perusahaan di kisaran tahun 2005 hingga tahun 2006.
Hal ini membuat sangat tidak nyaman bagi pengunjung yang ini mendapatkan informasi terkini mengenai perusahaan.
Tampilan website kurang konsisten
Ada beberapa ketidakkonsistenan yang ditunjukkan oleh website ini baik dari segi pewarnaan maupun beberapa ketidakkonsistenan dalam hal layout.





















Dua kasus di atas merupakan contoh kasus ketidakkonsistenan yang ada pada web ini. Pada dua gambar teratas menunjukkan ketidakkonsistenan yang terjadi pada layouting. Sedangkan pada gambar bagian bawah menunjukkan ketidakkonsistenan warna sebagai suatu task yang berbeda.



No comments: