Saturday, June 28, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (5)

Tidak ada fasilitas searching

Searching merupakan salah satu fitur yang harus ada pada sebuah website. Fitur searching akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi tertentu yang ada di web dengan mudah dan cepat. Pengguna hanya memasukkan beberapa kata sebagai kata kunci dan sistem web akan menampilkan halaman hasil yang sesuai dengan kata kunci. Penggunaan fitur ini tentu lebih menghemat waktu pengguna daripada harus browsing ke semua halaman web untuk mendapatkan informasi tertentu.

Pada halaman web perusahaan sebesar PT. Gudang Garam Tbk. yang cukup mampu mengundang banyak pengunjung ini tidak memiliki fasilitas tersebut. Hal ini akan sangat menyulitkan pengunjung yang kurang memiliki pengetahuan tentang situs tersebut atau bagi orang yang ingin mencari suatu keyword secara cepat.

Teks yang terlihat seperti link

Konvensi umum pengguna menunjukkan bahwa teks yang berwarna biru atau berwarna biru dan digarisbawahi merupakan sebuah link. Pada web ini, terdapat teks yang digarisbawahi atau berwarna biru padahal bukan link sebagaimana diperlihatkan pada gambar ini.


Berdasarkan gambar di atas, teks “DISTRIBUTORS REPRESENTATIVE OFFICE” yang berwarna biru dan digarisbawahi bukan merupakan sebuah link. Pengembang sebaiknya mengubah style teks tersebut karena garis bawah sebaiknya hanya digunakan untuk menandakan bahwa teks tersebut adalah sebuah link.




No comments: