Saturday, June 28, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (7)


Penyesuaian font dan pewarnaan
Prinsip utama dalam menentukan font dan warna dalam satu halaman web adalah berupaya untuk membatasi font-style dan warna yang digunakan. Font-style sebaiknya digunakan secara menyatu dan efektif serta mampu menggambarkan hirarki yang ada pada halaman web. Pembedaan font dan attribut font biasanya dapat membantu pengguna untuk membedakan tingkat kepentingan sebuah heading dan informasi. Jumlah typefaces maksimal dalam satu halaman web yang dianjurkan adalah tiga typeface. Sejalan dengan penggunaan font, penggunaan warna juga sebaiknya tidak terlalu beraneka ragam dalam satu halaman web. Jumlah jenis warna maksimal dalam satu halaman web yang dianjurkan adalah empat warna.
Kasus yang ada pada website PT. gudang Garam Tbk. adalah pemilihan warna biru sebagai warna teks penulisan artikel. Warna yang sama dengan pewarnaan pada link ini akan membingungkan pengguna karena terasa ambigu dengan warna link. Selain itu warna background yang berwarna putih terasa kurang nyaman bila dipadukan dengan warna biru teks. Ada sedikit kesan silau. Oleh karenanya, pewarnaan ini perlu lebih diperhatikan lagi.

Ambiguitas radio button

Pada halaman web ini ada beberapa bagian yang terkesan ambigu. Salah satu bagian yang ambigu itu adalah penggunaan lingkaran kecil yang mirip dengan radio button padahal sebenarnya bukan.



Pada dasarnya radio button berfungsi sebagai pilihan. Dimana pada radio button kita hanya diizinkan untuk memilih salah satu pilihan saja diantara beberapa pilihan yang disajikan. Pada gambar di atas terlihat ambigu, seakan ada tiga buah pilihan berupa radio button padahal sebenarnya bukan. Ketiga lingkaran kecil tersebut hanya menunjukkan sebagai sub menu dari “MANAGEMENT STRUCTURE”.

Sebaiknya agar tidak ambigu, penggunaan lingkaran kecil sebagai sub menu dapat diubah dengan model yang lain.



No comments: