Saturday, June 28, 2008

Kajian web http://www.gudanggaramtbk.com/ dari sisi HCI (8)

Pengelompokan menu
Pengelompokan menu bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk mengakses menu-menu tertentu. Pengelompokan dilakukan terhadap menu-menu yang memiliki kedekatan fungsionalitas.
Pada website menu home ditempatkan dibagian kanan atas yang jauh dari pandangan/kebiasaan user. Pada umumnya, menu home ditempatkan di bagian awal dari kelompok menu-menu yang ada. Hal ini ditujukan agar mudah dicari. Sedangkan pada tatanan web ini, menu home diletakkan dibagian yang sangat sulit dicari dalam sekali pandang bagi user.Terlebih lagi, menu ini ditulis dengan ukuran yang lumayan kecil.
Oleh karena itu, sebaiknya menu home diletakkan di bagian bawah tagline bersama dengan menu-menu yang lain.

penggunaan white space

White space adalah bagian halaman web yang tidak memiliki teks atau ilustrasi apapun. White space sangat penting dalam perancangan halaman web karena memudahkan pengguna untuk memproses informasi dengan baik. Sebuah web yang memiliki sedikit white space akan menyulitkan pengguna untuk mengidentifikasi informasi yang penting. Sebaliknya, penggunaan white space yang terlalu banyak juga kurang bagus karena halaman web akan terkesan kosong. Pengembang web harus menyeimbangkan proporsi white space dengan konten yang ada, artinya white space jangan terlalu sedikit tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga pengelompokan informasi dapat dilakukan dengan baik.




No comments: